116224607_587391271959475_3566758750425425882_n

Hello World – Merdeka Dulu Baru Bicara Teori dari Belakang: Artinya apa?

Merdeka dulu baru bicara teori dari belakang mengandung artinya banyak sekali. Ini mengandung banyak arti yang perlu diepetakan.

Pertama, secara leterlek maksudnya bahwa sebelum Papua Merdeka tidak usah banyak bicara mengenai apa yang aan terjadi setelah merdeka, system pemerintahan, sistem ekonomi dan politik, berbagai macam ajaran dan dinamika setelah merdeka seharusnya dibicarakan setelah merdeka.

Terhadap pernyataan atau jalan pikiran ini, kita soroti dari dua pihak: pertama orang luar dan kedua para pejuang sendiri. Yang pertama orang barat, terutama mereka yang menjelankan negara-negara seperti Papua New Guinea, Vanuatu, Inodnesia, Australia, Amerika Serikat, Belanda, Inggris dan sebagainya akan kebingungan, apa “maksud dari merdeka” yang disampaikan oleh Orang Asli Papua (OAP) di West Papua. Yang kedua, OAP yang berteriak Papua Merdeka sendiri akan kebigungan “kemerdekaan” yang dimaksudnya itu apakah kemerdekaan dari Indonesia atau kemerdekaan untuk hidup berdaulat dan bebas dari penjajahan.

Yang jelas dunia internasional tidak memberhitungkan berapa orang Papua mati setiap hari. Mereka juga tidak perdulu kalau Pepera 1969 itu terjadi bebar atau melanggar hukum. Mereka tidak terlalu berkepentingan dengan perusakan alam dan pembunuhan manusia. Yang mereka perduli ialah pertanyaan ini, “Berapa keuntungan duit dari kemerdekaan West Papua?”

Nah, sekarang cara menghitung keuntungannya bagaimana?

Caranya bukan dengan mengirimkan update status di facebook, atau mengeluarkan pernyataan di lapangan saat demo atau pidato politik. Negara diatur dan diurus di kantor-kantor, oleh departemen dan lembaga dengan pejabat yang beralamat jelas, bukan di media sosial. Kenyataanya hampir semua pidato politik yang biasa disampaikan di lapangan-lapangan Papua Merdeka tidak memilik konsep yang jelas. Konsep pidato tidak jelas dan tidak pasti. Oleh karena itu, masing-masing orang berpidato menurut bisikan rohnya sendiri-sendiri, menurut karunia dan telenta alamiahnya. Apalagi “Concept Note” dari isi pidato tidak pernah kita baca. Itulah sebabnya, para wartawan atau negara-negara tidak mendapatkan oncept note terkirim sebelum demonstrasi atau pada saat barusan selesai demonstrasi atau pidato dimaksud. Teladan terbaik ialah Presiden Benny Wenda, sebelum pidatonya, ia selalu menyampaikan Concept Note kepada semua pemerintah di dunia, dan beberapa hari kemudian diposkan di website www.ulmwp.org

Dari Concept Note atau isu pidato penuh itulah akan diketahui bangsa-bangsa dan negara-negara bangsa di dunia apa saja kebijakan-kebijakan yang diambil bangsa Papua setelah West Papua merdeka, dan apa saja menjadi keuntungan-keuntungan yang bisa dipetik dari kemerdekaan West Papua. Dari situlah, maka masing-masing pribadi atau kelompok akan mengambil sikap dan langkah-langkah.

Jangan menyangka bahwa Perdana Menteri Papua New Guinea mengunjungi Indonesia tanpa biaya. Jangan pikir negara-negara d dunia mendukung Indonesia tanpa uang. Jangan pernah berpikir Indonesia itu selalu salah dan salah, dan karena itu dunia pasti membela West Papua karena OAP selalu dibunuh. Itu mitos! Itu ilusi. Itu tidak pernah terjadi dalam fakta politik dan kemanusiaan dunia.

Jadi, Papua Merdeka untungnya apa untuk Indonesia, untuk PNG, untuk Australia, untuk USA, dan sebagainya? Untung-ruginya dapat dilihat di mana kalau tidak ada teori dan konsep dasar atau konsep lengkap yang menyertai atua mendahului perjuangan kita?

[Bersambung…]

 

3 Langkah Menjadi Netpreneur

Memiliki kemauan untuk sukses tidak cukup, karena hal penentu kesuksesan adalah action. Begitu pula jika kita ingin menjadi seorang Netpreneur, seorang pebisnis online yang sukses. Action akan mengantarkan kita mendekati apa yang kita inginkan, dan itu pilihan kita, Right?! ūüôā

Semakin cepat kita melakukan action, semakin cepat kita akan memiliki penghasilan dari internet. Sedikitnya ada 3 langkah yang bisa dilakukan untuk memulai menjadi seorang Netpreneur.

3 langkah ini merupakan awal bagi kita untuk mulai membangun usaha mandiri dari internet. Memiliki bisnis online yang menghasilkan. Yuk kita lihat apa saja 3 langkah itu…

  1. Untuk memulai usaha atau bisnis, kita pasti harus memiliki produk yang akan ditawarkan, Right?! Maka memilih jenis produk atau jasa yang bisa kita tawarkan menjadi hal penting. Dipostingan¬†“4 Way To Get Money Online”¬†saya telah tuliskan beberapa alternatif yang bisa kita jadikan sumber penghasilan dari internet. Baik produk fisik atau jasa bisa menjadi pilihan bagi kita untuk memulai bisnis online.
  2. Setelah memilih dan memiliki sesuatu untuk ditawarkan, kita membutuhkan sarana atau tempat untuk menawarkan atau mempromosikan bisnis kita. Mengapa perlu dipromosikan? Karena jenis bisnis apapun yang tidak dikenal orang pasti tidak akan berkembang. Untuk itu sebuah website atau blog menjadi tahapan yang harus disiapkan.Kita bisa memanfaatkan penyedia website atau blog gratis untuk membuat website atau blog bisnis kita, meskipun gratis jika kita kelola dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan income yang luar biasa, saya telah membuktikannya.
  3. Promosikan bisnis online Anda. Melakukan promosi menjadi hal wajib bagi kita agar website yang kita jadikan untuk bisnis dapat ditenukan orang lain. Dengan sering melakukan promosi website kita akan mudah dicari oleh google atau yahoo, dan akan semakin mudah diakses oleh pengguna internet.Mengapa promosi menjadi wajib? Sebuah bisnis yang berkembang adalah bisnis yang dikenal luas, dan berpromosi itu cara agar Anda dan juga apa yang ditawarkan bisa dikenal orang, jadi jangan takut untuk memasang foto Anda di website atau blog bisnis.

Dengan menyelesaikan sedikitnya 3 langkah diatas, melakukannya dengan baik dan benar kita sudah memulai sebuah bisnis online. Kelola dengan baik dan kita sudah menjadi Netpreneur, pebisnis online yang sukses. Jika Anda ingin mulai menjadi Netpreneur sukses, Jadi Netpreneurmenyediakan panduan khusus memulai dan mengelola bisnis dan kerja online Anda, lebih jelas silahkan baca disini.

Semoga tulisan ini bermanfaat, membantu Anda memulai bisnis online dan menjadi Netpreneur sukses.

Salam Sukses,
Do the Best, Get the Best…

7 Kunci Sukses Berbisnis Steve Jobs

Steve Jobs, sang pendiri dan CEO Apple.Inc, sukses membangun bisnisnya hingga hampir sebagian besar orang di dunia memakai, atau setidaknya, mengenal produk serta teknologi yang ia buat. Mulai dari komputer, film, musik, hingga ponsel.

Kemudian, Carmin Gallo, seorang¬†communication coach, menjabarkan tujuh kunci sukses berinovasi yang ia dapatkan langsung dari Steve Jobs dalam bukunya yang berjudul¬†‚ÄúThe Innovation Secrets of Steve Jobs‚ÄĚ.¬†Jasa pembuatan website¬†mencoba memberikan saran kepada¬†NETPRENEUR¬†agar¬†dapat mengadopsi tujuh prinsip ini untuk menjalankan¬†bisnis¬†online¬†Anda.

1)  Do what you love

Lakukan apa saja yang Anda suka. Steve Jobs pernah berkata, passion adalah segalanya. Menurut Steve Jobs, orang yang punya passion bisa mengubah dunia lebih baik dibandingkan yang lain. Bagaimana caranya? Ia menyarankan untuk mengambil pekerjaan apapun terlebih dahulu sampai seseorang menemukan di mana passion-nya.

2) Put a dent in the universe

Jika passion adalah bahan bakar dari sebuah roket, maka pandangan yang visioner adalah yang mengarahkan roket tersebut ke tujuan akhir yang tepat. Ketika Steve Jobs dan Steve Wozniak bersama-sama mendirikan perusahaan Apple di tahun 1976, Steve memiliki keinginan yang visioner. Yakni, menaruh komputer di tangan setiap orang suatu hari.

3) Make connections

Steve Jobs pernah mengatakan bahwa kreativitas adalah hasil dari sebuah koneksi. Artinya, kreativitas bisa muncul saat seseorang mencari inspirasi dari orang lain; saat seseorang terhubung dengan orang lainnya. Steve Jobs pernah mengikuti kelas kaligrafi, di mana Steve Jobs tak memerlukan kaligrafi dalam hidupnya. Sampai pada akhirnya, ia terinspirasi untuk membangun Macintosh.

4)  Sell dreams, not product

Pria yang meninggal dunia pada tanggal 5 Oktober 2011 ini bisa menangkap imajinasi orang kebanyakan karena ia sangat memahami pelanggannya. Ia tahu bahwa sebuah tablets tidak akan bisa masuk akal dan imajinasi manusia jika tablet itu terlalu sulit. Hasilnya? Satu tombol saja di ‚Äėmuka‚Äô iPad. Steve Jobs juga percaya bahwa pelanggan tidak akan peduli dengan produk Anda. Mereka lebih peduli dengan diri, harapan, dan ambisi mereka. Jadi, apabila Anda membantu pelanggan Anda menggapai impian dan ambisinya, Anda akan berhasil.

5) Say no to 1.000 things

Inovasi adalah mengeliminasi sesuatu yang tidak perlu sehingga hal-hal yang seseorang benar-benar perlukan bisa terus bersinar. Steve Jobs pernah berkomitmen untuk mengembangkan produk yang simpel. Ia menggarisbawahi pada komitmen. Pada tahun 1997, ketika Steve Jobs kembali ke perusahaan, ia mengurangi 350 produk menjadi 10 produk Apple yang ia fokuskan untuk bisa sukses.

6) Create insanely great experiences

Steve Jobs juga memfokuskan diri pada pengalaman yang akan dialami pelanggannya ketika diberi layanan oleh perusahaannya. Ia tak mau produknya hanya menjadi boks yang dipindahkan dari toko Apple ke rumah pelanggannya. Sehingga, apapun yang pelanggan rasakan ketika pelanggan berjalan ke dalam toko Apple adalah dimaksudkan untuk memperkaya ‚Äėrasa‚Äô kehidupan seseorang dan memberikan kekuatan emosional antara seseorang dan merek Apple.

7)  Master the message

Netpreneur, jika Anda memiliki ide yang super, luar biasa, dan hebat tapi Anda tak bisa mengomunikasikan ide Anda, ide itu tidak akan berarti apa-apa. Steve Jobs adalah ‚Äėpendongeng‚Äô korporat terbaik. Jobs melakukan presentasi yang tak hanya menyampaikan pesan yang ia maksud, tetapi juga menginformasikan, mengedukasikan, menginspirasi, dan menghibur. Semua dalam satu kali presentasi.

“Jika Anda tidak dapat membuat sesuatu dengan baik, paling tidak buatlah agar terlihat baik”.”Pelanggan Anda yang paling tidak bahagia adalah sumber terbesar bagi Anda untuk belajar”.

Semoga menginspirasi Anda semua!

Sumber: http://dimbleweb.com/